Ada Apa Dibalik Kematian Munir?

17 pemikiran pada “Ada Apa Dibalik Kematian Munir?”

  1. Percayalah, yang benar pasti akan terungkap. Tinggal tunggu waktu ajah…
    Salam kenal ya…
    ——————–

    Salam kenal juga… Terima kasih sudah mampir dan tinggalkan komentar. Jangan kapok yaaa…🙂

  2. aku masih pusing, pusing, dan pusing dengan hal ini, bisa-bisanya … kembali ke nol lagi, wuih … aku belum bisa komen jadinya…
    —————-

    Terkadang logika rasional tak cukup mampu menggagas seluruh dimensi persoalan secara komprehensif. Karena rasionalitas bukanlah segalanya.

    Perlu kejernihan dalam sebuah ruang transendental yang berjarak dari persoalan agar bisa menguak kebenaran tidak hanya pada kulit permukaannya, namun sampai pada substansi kehakikiannya.

    Rasionalitas adalah alat untuk mendeskripsikan kebenaran, bukan untuk menemukan substansi kebenaran yang hakiki.🙂

  3. mahendra, asswrwb…

    Trims atas kunjungan dan komentar anda diblog saya, mengomentari tulisan nya M.Toha, wartawan Majalah Forum Keadilan yang saya posting diblog saya ….

    Tulisan anda ternyata hampir sama sinyalemennya, seperti ada koneksinya…apakah memang pernah mendiskusikan kasus ini?…

    Saya pribadi sebenarnya sudah lama penasaran apa yang tersembunyi dibalik semua peristiwa tragis matinya Munir ini…

    Sebagai umat Islam saya hanya yakin bahwa setiap kematian seseorang pasti harus ada campur tangan dan izin dari Allah SWT…pasti….!!!

    Pertanyaan dalam hati saya adalah, kalau benar Munir itu seorang pahlawan HAM yang betul bersih dari dosa yang tidak nampak oleh publik, mengapa Allah mengizinkan dia dibunuh seperti itu???.

    Semua kejadian baik atau buruk yang menimpa seseorang pasti berasal dari dirinya sendiri…itulah Hukum Sebab Akibat….Siapa menebar angin, pasti akan menuai badai…

    Kalau Munir betul orang suci, mengapa dibiarkan dibunuh orang oleh Tuhan ???

    Semoga diabad Spiritual ini, semua kebaikan dan keburukan akan dibukakan oleh Allah SWT kepada rakyat Indonesia, mana yang benar dan mana yang bersalah dimata Tuhan…amin..
    ——————

    Wallaikumsalam…
    Para karuhun, leluhur dan sesepuh sudah banyak mewariskan petuah-petuah bijaknya dalam bentuk siloka ataupun sanepa. Becik ketitik olo ketoro.., siapa yang menanam maka dia pulalah yang akan menuai hasilnya.

    Rasanya itu semua masih akan terus berlaku sampai akhir zaman sebagai sunatullah. Alam punya hukumnya sendiri yang berjalan pada aras hukum keIllahian. Rasio dan dalil apapun pada akhirnya akan diperhadapkan pada kejujuran hukum alam.., mahkamah Illahi.

    Salah seleh, bener jejer.. Yang salah akan dipinggirkan, yang benar akan tetap tegak berdiri… Subhanallah…

    Tabik…🙂

  4. Kejahatan memanglah harus dan mesti diungkap. Apalagi kejahatan terhadap seseorang yang disebut aktivis HAM. Tapi, kasus pembantaian sekian banyak warga negara Indonesia beberapa waktu silam, apa harus dilupakan? Kejahatan kemanusiaan macam kasus Tanjung Priok, dukun Santet Banyuwangi, dll, menguap begitu saja.
    —————-

    Setuju…, kejahatan dalam bentuk apapun dan terhadap siapapun harus diungkap untuk diberi hukuman setimpal tanpa pandang bulu. Setiap orang berhak untuk mendapatkan keadilan yang sama tanpa melihat apakah dia aktivis HAM ataukah tukang batu. Jangan karena ada embel-embel sebutan aktivis HAM lantas kasusnya diberi keutamaan dalam perlakuan lebih dari yang lain.😉

    Kejahatan kemanusiaan tidak boleh menguap begitu saja.., dan harus diusut tuntas siapa pelakunya untuk diberi hukuman agar memberi efek jera untuk pelaku dan yang mencoba ingin melakukannya..
    Kejahatan kemanusiaan tidak boleh dilupakan begitu saja.., bukan untuk menyimpan dendam, tapi untuk mengambil pelajaran atas luka kemanusiaan yang tak pernah hilang bekasnya..🙂

  5. Pejuang siap mati, haruslah. Yang di jalur Gaza sudah mencapai angka 700 mujahid
    ——————-

    Setiap perjuangan punya resiko. Dan resiko yang terburuk adalah kematian… Tabik… 🙂

  6. masih ada mafia peradilan nih mah.
    ——————-

    Mafia peradilan memang masih terus berlangsung. Tapi soal Munir adalah perang intelijen. Dan Munir menjadi korban karena berada di tengah-tengahnya. Tabik..🙂

  7. Fakta menunjukkan Munir dibunuh. Pembunuhan di negeri ini sudah terlalu banyak yang tidak terungkap, terutama yang dilakukan oleh individu atau kelompok yang memiliki sumberdaya ekonomi dan politik. Sungguh tragis, sebuah bangsa yang meletakkan filosofi Pancasila di atas kepala, tetapi perilakunya nista tiada terkira. Saya melihat kasus Munir adalah sebuah konspirasi orang-orang kuat yang tak akan pernah tuntas, jika tidak ada kekuatan yang lebih besar yang membongkar kasus ini.😦
    ——————-

    Serapat-rapatnya menyimpan bangkai, suatu saat baunya akan tercium juga. Tinggal tunggu saatnya semua akan terungkap.

    Sudah terlalu lama Pancasila dikhianati dan diabaikan. Tak heran jika sikap perilaku bangsa ini menjadi nista tiada terkira. Tabik… 🙂

  8. MUNIR BUKANLAH NABI! ! !
    Mengapa setiap orang mengagung2kanya? ? ?
    Apakah dia orang suci? ? ?
    Apakah dia tak pernah salah? ? ?

    pertanyaan saya:
    1. Mungkinkah Munir dan atau Suciwati terlibat dalam CIA atau organisasi Intelejen asing?
    2. Darimana LSM seperti kontras dll dapat uang? hingga bisa mengirim2 orang2 ke luar negri utk sekolah, bisa demo besar2an, dll? Apakah ada peranan dari intelejen asing????
    3. Mengapa Polikarpus gag dibebaskan? sementara Muhdi bebas? Mungkinkah dia menjadi kambing hitam sadja?
    4. Mengapa pekerja kafe yang memberikan minuman ke Munir lalu menghilang setelah Munir Wafat?
    5. Mengapa Munir menolak pemberian minuman oleh Polikarpus padahal mungkin Polikarpus tahu minuman yang diberikan oleh pekerja kafe mengandung Arsenik?

    Mohon bimbingan dari abang Mahendra pemilik blok. .
    maklum, saya masih 18 tahun, jadi belum terlalu mengerti. . .
    ——————-

    Beberapa pertanyaan diatas yang anda sampaikan semua sudah mengandung jawaban. Jadi saya tidak perlu lagi menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut karena sesungguhnya anda cukup tahu tentang persoalan Munir.

    Sekedar untuk menambah referensi terkait dengan kematian Munir, anda bisa baca postingan saya yang berjudul Kehendak Tuhan Ataukah Hidden Agenda Kegiatan Intelijen Kapitalisme Internasional?

    Tabik….😉

  9. Dengan adanya tersangka yg dibawa ke pengadilan sebenarnya merupakan indikator terjadinya pembunuhan. Permasalahannya, bagaimana investigasi yg dilakukan penyidik sehingga bisa dua kali menetapkan tersangka pada kasus yg sama? Apakah penyidikan tsb hanya formalitas skedar memenuhi tuntutan pegiat HAM? Stelah Muhdi PR siapa lagi yg akan dicalonkan sbg trsangka baru? Apakah penyidik tdk mampu mengembangkan kasus? Apakah ini hanya lelucon judikatif? Beribu pertanyaan seputar kasus Munir akan terus bermunculan dan itu tdk akan berhenti sampai semua fakta terungkap dan menjadi jelas.
    ——————–

    Ketika terindikasi adanya keterlibatan intelijen, maka sulit bagi polisi untuk melakukan penyidikan seperti halnya terhadap tindak kejahatan pembunuhan biasa.

    Anda tentu ingat kasus pembunuhan JFK? Lee Harvey Oswald yang menjadi kambing hitampun akhirnya tidak pernah sampai ke pengadilan karena mati dibunuh, case closed. Demikian pula dengan Ninoy Aquino suami dari mantan Presiden Philipina Cory Aquino, yang dibunuh ketika baru saja turun dari pesawat di bandara Manila (sekarang Ninoy Aquino Airport) sepulangnya dari masa pengasingan akibat perseteruannya dengan Marcos. Si penembak langsung ditembak di tempat sehingga tidak pernah diketahui siapa master mind dibalik pembunuhan itu, case closed.

    Ini adalah fakta bahwa polisi tidak pernah sanggup membongkar kasus-kasus yang terkait dengan operasi intelijen. Tabik… 😉

  10. Memang ruwet kalo udah menyangkut inteljen.
    ——————-

    Iyaaa memang…, sangat konspiratif dan tertutup….🙂

  11. Wah, rame juga di sini ya Kang? Kapan-kapan aku ikut nimbrung juga ya? Kalau di Pak Nurhana lagi sepi, aku ngungsi ke sini aja, boleh kan?
    —————–

    Alhamdulillah dagangan laris… Hihihihihi… Mangga Kang diaduk-aduk aja blogna abdi…, diantos komentarna… Hatur nuhun…🙂

  12. mas Mahendra banyak album ttg intelijen seluruh dunia,
    mungkin bisa dijelaskan apa sih pekerjaan intelijen itu, sebab kayaknya intel itu kayak malaikat bisa bunuh, bisa matiin, bisa ngintif yg ngak bolah dilihat, ngak ada yang bisa nahan kalo intel sudah bekerja …..? ?
    Tapi juga pasti manfaat karena kalo ngak ada yang punya fikiran intel indonesia sampai saat ini belum merdeka !!!!! kenapa musti ada yg menculik Bung Karno & Hatta ke Rengas Dengklok, siapa yg mimpin ? Pasti orang berfikir intel coy
    ada 2 masa yg berbeda ttg intel gimana mas mahendra ?
    —————-

    Jika saya menanggapi secara lengkap pertanyaan anda, mungkin tanggapan saya akan menjadi tulisan tersendiri.

    Tapi serba sedikit saya akan coba menjelaskan semudah mungkin. Kata intelijen sendiri berasal dari kata intelligence yang dalam bahasa Indonesia berarti kepandaian dan kecerdikan. Pada perkembangannya, fungsi dan kegiatan intelijen semakin meliputi banyak hal akibat adanya pengaruh perkembangan teknologi serta semakin beragamnya kebutuhan para pengambil keputusan di berbagai sektor kehidupan baik politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan, serta teknologi dan ilmu pengetahuan.

    Peristiwa Rengas Dengklok dimana terjadi penculikan terhadap Bung Karno & Bung Hatta, memang jelas-jelas dilakukan dengan menggunakan cara-cara operasi intelijen oleh orang-orang yang memang tahu tentang intelijen.

    Dari catatan sejarah ada sejumlah nama yang terlibat dalam peristiwa itu. Ada Chairul Saleh, Soekarni dan beberapa nama lain yang terlibat di dalamnya.

    Ini sekedar tanggapan yang sudah barang tentu belum bisa memuaskan anda.

    Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya… Tabik…🙂

  13. ok trims banget atas jawabannya, barangkali sbg kesimpulan, Intelijen akan berkembang sesuai dgn kebutuhan manusia dan perkembangannya, kerena setiap perkembangan yg ada adalah hasil intelektual manusia.

    terus itu bpk chairul saleh, soekarni itu siapa, kayaknya kalo mereka mampu melakukan tindakan yg memahami intelijen, jadi siapa mereka sebenarnya?

    saya pernah baca buku ttg ‘prajurit perang fikiran’ yg ditulis oleh Zulkifli Lubis sebelum indonesia merdeka dan dari beberapa orang sejawat beliau yg pernah direkrut oleh beliau mengatakan bahwa Jepang lewat sanbo bepang alias perekrutan pemuda terbaik indonesia untuk membantu nipon. mereka oleh jepang dilatih menjadi intelnya jepang. Bagaimana menurut pandangan anda?
    ————–

    Dengan senang hati sobat. Bersyukur kalau jawaban saya bisa memuaskan. Kesimpulan anda tepat sekali.

    Chairul Saleh (Ketua MPR semasa Soekarno) dan Soekarni juga Adam Malik (mantan Wapres semasa Soeharto) adalah kader-kader Moerba. Moerba adalah singkatan dari Moesyawarah Rakyat Banyak, sebuah organisasi politik yang didirikan oleh Datuk Sutan Malaka (Tan Malaka). Pola gerakan Moerba memang lebih bercorak gorong-gorong atau clandestein yang menjadi ciri khas dari Tan Malaka.

    Itu sebabnya mereka punya kemampuan intelijen yang tinggi karena memang mereka terbiasa bergerak secara tertutup dan rahasia baik secara perorangan maupun dalam kelompok-kelompok kecil yang sangat tangguh dan militan.

    Selain mendirikan Moerba, Tan Malaka juga bergerilya dengan Jenderal Soedirman dalam Persatoean Perjoeangan.

    Zulkifli Lubis memang salah seorang yang dianggap sebagai pionir intelijen Indonesia. Zulkifli Lubis memang hasil didikan Pembela Tanah Air (PETA) bentukan Jepang.

    Zulkifli Lubis pulalah orangnya yang semasa berpangkat kolonel membentuk organisasi intelijen pertama sejak Indonesia diproklamasikan bernama Badan Istimewa (BI) pada bulan September 1945.

    Badan ini bertugas untuk mengumpulkan informasi sebanyak mungkin terkait dengan akan come back-nya pasukan Belanda ke Indonesia usai Perang Dunia kedua.

    Keputusan untuk bekerjasama dengan Jepang ketika itu memang sesuatu yang dilematis dan sangat tidak populer. Banyaknya orang-orang Indonesia eks KNIL, menyebabkan adanya keraguan akan loyalitas mereka terhadap Republik ketika harus berhadapan dengan pasukan Belanda.

    Oleh karena itu keputusan untuk bekerjasama dengan Jepang diharapkan memberi kesempatan kepada orang-orang Indonesia untuk memiliki kemampuan militer dalam menghadapi pasukan Belanda nantinya. Walaupun harga yang harus dibayar juga sangat mahal. Kasus romusha dan jugun ianfu korban tentara Jepang tidak pernah bisa dilupakan.

    Namun para pemimpin kita ketika itu sudah mengetahui bahwa Jepang tidak mungkin bisa bertahan lama di Indonesia. Perang Dunia kedua akan berakhir dengan kekalahan Jepang. Kemenangan Jepang di Pearl Harbour hanya membangunkan harimau tidur.

    Bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki membuat Jepang bertekuk lutut dan menyerahkan Indonesia kepada sekutu (NICA) ketika itu.

    Dan apa yang sudah diprediksi ternyata benar adanya. Pasukan Belanda masuk ke Indonesia dengan membonceng pasukan NICA dengan alasan perlucutan senjata tentara Jepang dan penyerahan Indonesia kepada tentara sekutu.

    Tentara didikan PETA inilah yang menjadi tulang punggung tentara Indonesia dalam peperangan melawan pasukan Belanda 1945-1949.

    Demikian sedikit penjelasan yang bisa saya berikan. Semoga bermanfaat…🙂

  14. hatur nuhun, atas penjelasan yg poaanjang dan lebar banget, saya lagi jadi pemerhati intelijen indonsia. cuma memang sangat minim penjelasan tentang itu.
    ada yg mengelitik saya mengapa memang hanya jepang yg memberikan ilmu dan praktek. Yang lain tidak misalnya belanda walaupun bercokol disini sekian taon tapi hanya meninggalkan benih yg sampai saat ini hanya ninggaljn bomwaktu, yg terus bisa meledak setiap saat, demikian juga great britain hanya meninggalkan keegoan seorang ningrat, portugis ninggalin sikap komunis, and so on.
    Sementara jepang sejak restorsi meiji sebetulnya sudah menerapkan prinsif berfikir intelijen untuk kemajuan bangsa dan kaumnya serta mengajak kita sebagai saudara nipon. terbukti dari tulisan sejarah yang dapat membangunkan rusia adalah jepang, mereka bekerjasama dgn pemberontak rusia untuk menguasai rusia, yang pada akhirnya melahirkan tokoh lenin tuk tumbangkan tsar, dan hampir saja jepang menguasai eropa timur kalo tidak dgn percobaan dan riset bom yg dijatuhkan di nagasaki & hirosima.
    ————–

    Jepang berkepentingan untuk menurunkan ilmunya ketika itu karena berharap dukungan dari orang-orang indonesia untuk melawan AS dan sekutunya.

    Dan kesempatan itu dimanfaatkan oleh para pemimpin kita saat itu untuk mempelajari ilmu perang modern dari Jepang sekaligus melatih pemoeda-pemoeda Indonesia dengan ketrampilan tempur guna melawan Belanda yang sejak awal sudah diprediksi akan come back untuk menguasai Indonesia.

  15. semua jawaban ada di apa yang munir bawa ke perjalanan ke belanda. saya yakin dengan memperjuangkan apa yang munir bawa ke belanda. sang otak pembunuhan pasti tertangkap.
    doa saya akan selalu bersama munir untuk mengungkap kebenaran bagi manusia bukan hanya rakyat indonesia.
    keadilan harus ditegakkan walau nyawa taruhannya.
    —————

    setuju!!! namun yg juga harus dijawab, selain untuk studi, untuk apalagi dia ke Belanda? apa yang Munir bawa ke Belanda itu untuk kepentingan siapa dan pesanan siapa?

    keadilan harus ditegakkan!!! siapa yang berbuat dia yang harus menanggung akibat dan hukumannya…

  16. apa yang dialami Munir adalah konsekwensi dari apa yg disuarakannya beberapa waktu sebelum ybs meninggal….. Siapa yg saat itu selalu diserang oleh alm….? siapa yang bermain….? buat negara apa yg disuarakan Munir adalah hal yg wajar di era demokrasi yang masih hangat-hangatnya euforia reformasi. Buat kelompok tertentu….., mungkin oleh kelompok tertentu alm dianggap sbg penghalang……

Komentar ditutup.