AMANAT GALUNGGUNG PRABU GURU DARMASIKSA (Bagian 1 dari 4)

24 pemikiran pada “AMANAT GALUNGGUNG PRABU GURU DARMASIKSA (Bagian 1 dari 4)”

  1. satu hal yang penting adalah bahwa penindasan budaya lebih kejam dari kolonialisme..
    budaya kita ditindas ahirnya dilenyapkan dan berganti dengan budaya baru yang katanya modern, padahal itu belum tentu baik bg kita. moral juga direnggut dengan racun budaya, akhirnya kita jadi mereka, dan mereka jadi kita.
    —————-

    Wueeediiiaaannn…, budal langsung tekan terus komentar… Hehehehe :)

    Wolak waliking jaman… Sudah tiba saatnya…

  2. Dari dulu pesan-pesan orang bijak intinya sama saja, tapi faktanya udah lodoh tuh lidah mengulang-ulang cerita lama, masih aja orang-orang mbudek.

    Jadi perlu introspeksi nih bro, kenapa amanah hidup baik tidak efektif?

    Padahal katanya, semua orang pada dasarnya ingin hidup (lebih) bahagia.
    —————-

    Masalahnya ada pergeseran tentang makna dan benchmark dari kata bahagia.

    Justru ketika manusia makin modern, kebahagiaan itu diukur dari kekuasaan dan materi yang berlimpah… :)

  3. katanya peraturan dibuat untuk dilanggar. kalau ajaran dibuat untuk di……………..
    —————-

    Melihat kecenderungan politik Indonesia saat ini…, dimana agama sudah menjadi alat politik maka mungkin jawaban yang paling tepat adalah di—politisir…

    Gimana? Apakah titik-titik pada soal di atas sudah saya jawab dengan tepat?

    Hehehehehe….. :D

  4. kearifan lokal yang banyak kita lupakan. dikalahkan oleh kearifan impor kah? lanjut maaaang… :)
    —————-

    Setuju !!! Kita makin tercerabut dari akar budaya kita… Tanda-tanda kehancuran sebuah bangsa… :(

  5. mantaf kang… teraskeun ach di antos
    btw.. nuhun tos di link… aku link balik juga deh
    —————-

    Sami nuhun kang tos mampir… Kumaha damang? :)

  6. Kesadaran akan sejarah diri dapat meningkatkan harga diri.
    Bangga akan harga diri bukan berarti sombong atau lupa diri.
    amanat sang prabuguru dapat dijadikan pedoman.
    makasih
    salam hangat
    —————-

    Setuju Bro… harga diri yang muncul karena mengenal akan jati diri akan membuat kita duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi dengan bangsa-bangsa lain di dunia demi perdamaian dunia yang abadi.

    Masih ada lanjutannya hlo Bro… Tabik… :)

  7. pesan dibalik linthingan lontar sejarah, boleh rapuh dan bertebar, tapi siratnya mengendap membatu ditiap ujung tutur sebangsa.

    tulisanmu rakalap apik e marai pingin nulis koyo ngene!
    kapan2 tak nyobo ahh!

    *lha sopo sing njupuk sendalku!!*
    —————-

    Waaahhhh…, nampaknya ada perubahan yang cukup signifikan (halaaahhh) dalam cara berkomentar…

    Lebih segar dan tajam…

    Apa kamsuuud ??? Wkwkwkwkwk…. :D

    *Hlaaa…, kowe nang jero kamar kesuwen ra metu-metu yo ilang sandalmu… kikikikikikik… ;)*

  8. selamat malam sahabat
    blue tunggu kelanjutannya
    salam dalam hangat dalam dua musimnya blue
    —————-

    Selamat malam juga sobat…
    Tunggu kelanjutannya besok…
    Salam hangat… :)

  9. weleh weleehh
    ngungkuli pelajaran sejarah waktu SMA tho..
    —————-

    Nang SMA malah ra entuk pelajaran koyo ngene iki… :D

  10. oke sangkan paraning dumadi kelas satu SD …
    ditunggu lanjutannya…
    —————-

    Soalnya justru sudah banyak yang lupa pelajaran kelas satu SD… Jadi harus di refresh lagi… Gituuu Kang… :D

  11. budaya adalah peluru berbalut madu
    kini kita tinggal gembung mlaku pating bilulung
    —————

    yaaaa… pancen wis tumekan titi wancine… sopo sing nandur yo kuwi sing ngunduh… ngunduh wohing pakartine dewe-dewe…

  12. hmm.. jadi pengen pulaaaang… waaaaah Tasikmalayaaa… kangen neeeh… salam buat mBaaah Galunggung yaaaa… hehehe… *manggut manggut*… *muka nunduk*… panggil becaaaaak pulang ke Tasik…
    Salam Sayang
    —————

    mampir heula Kang di bumina abdi… di Bandung tea… diantos Kang… nuhun… :)

  13. Petuah-petuah tadi di dunia persilatan Cimande Bogor sampai sekarang masih dijalankan sebelum generasi muda belajar ilmu silat. Total ada 14 Amanat Pusaka karuhun, diantaranya: Harus Taat patuh ka Allah, ka Rosul, patuh ka Ibu Bapak dan Guru. Jangan Ujub Ria Takabur, Jangan Bohong Nyolong mipit kudu amit ngala kudu menta. Jangan mabok dan Judi. jangan Jinah jeung ngaganggu istri batur. Kudu ngalobakeun siraturahmi dll……
    Hayu urang Sunda, mun Ngaraku urang sunda. Kundu boga jati diri atuh. Urang diajar deui elmu karuhun. Hayu urang diajar silat deui. Sabab jaman mah bakal muter, ayeuna jaman aman ngke jaga bakal panggih deui jeung jaman perang, kaalamanana mah ku anak incu urang, siapkeun anak incu urang supaya jadi jalma karuat lahir batinna, saroleh, nyaah ka karuhun. Hayu……..anak incu nu geus lahir atawa acan borojol ti urang sunda, urang nyiar elmu pangaweruh…… keur bekel aranjeun jaga tepakeun deui ka anak incu anjeun engke jaga…………………
    ————–

    hatur nuhun… tos diingatkeun… :)

    1. suskses sadayana ; ka urang sunda nu aya dimana bae ke ge katurunan raja galuhmah bakal muncul jang ngamakmurkeu dei pajajaran

  14. Ngelirik WULANG~WURUK
    ” Jangan MEMBUNUH yang tak BERDOSA ”

    Hiiiiii…ini termasuk MEMBUNUH Hewan juga yah..???.

    Dan konon kabarnya,
    Pemanasan GLOBAL salah satunya adalah karena pengaruh banyaknya Manusia MENGKONSUMSI ” Hewan “…nah..loh…

    GATHUK juga dengan Pesan di atas….

    Salam kenal

    1. hewannya makin berkurang karena habis dimakan… manusianya jadi tambah banyak…
      kesimpulannya.., hewannya jadi manusia semua… wakakakakakak… :D

  15. Gan diantos lanjutna,..teruskn gan,alhamdul eng tah gening aya nu peduli kana budaya sunda….!hayu lur sarumanget nya…!

  16. ngawangun silaturahmi anu hakiki..bilih ka galunggung sindang ka rorompok,,ikatan aliansi sejarah galunggung(IASG)dina dinten kemis wengi jumat simkuring saparakanca,tuluy ngaguar sajarah kabuyutan..diantos kasumpingan nana para wargi sadaya..”ngajaga ngariksa diri jeng raga.”

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s