Siapakah Musuh Kita Yang Sesungguhnya ?


Diantara kita semua tentunya sudah akrab dengan kosa kata MUSUH. Orang sering mengartikan musuh sebagai lawan. Dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia, musuh diartikan sebagai lawan berkelahi. Tapi tentunya tanpa harus buka kamuspun arti kata musuh pastinya sudah dipahami benar oleh semua orang. Seorang anak kecil penggemar film kartun Tom and Jerry tentunya tahu bahwa Tom dan Jerry saling bermusuhan.

Memahami apa arti kata musuh dan mengidentifikasi siapa musuh kita adalah dua hal yang berbeda. Ketika ada orang menyakiti kita sering kali kita langsung memposisikannya sebagai musuh. Seperti halnya peristiwa peledakkan bom yang pernah terjadi beberapa kali di tanah air, kita langsung mengutuk dan memposisikan siapapun pelakunya adalah musuh masyarakat –public enemy-. Demikian pula dengan peristiwa penyerangan militer yang dilakukan oleh Israel terhadap palestina baru-baru ini. Kita pasti sepakat bahwa Israel adalah musuh bersama –common enemy– yang harus diperangi. Tapi apakah memang mereka musuh kita sesungguhnya ?.

Tak ada seorangpun dari kita tentunya yang tidak sepakat dengan dua contoh di atas bahwa itu adalah dua dari banyak contoh tentang sesuatu yang patut untuk diposisikan sebagai musuh. Dua hal tersebut baru mewakili satu dari apa yang dikategorikan sebagai musuh, yaitu yang disebut dengan MUSUH YANG NYATA, musuh yang dapat diinderai oleh panca indera kita.

Musuh yang nyata ini disebut juga musuh luar karena ia berasal dari luar diri kita. Keberadaannya dapat dengan mudah diketahui sehingga mudah dikendalikan. Musuh seperti ini justru dapat dijadikan sahabat sepanjang kita tahu bagaimana mengendalikannya. Bahkan sering kali mereka dapat dijadikan kunci untuk membantu kita meraih keberhasilan yang ingin kita raih. Oleh sebab itu, dalam dunia politik dikenal kalimat, “Tidak ada kawan dan lawan yang abadi, yang ada hanyalah kepentingan”. Hari ini untuk sebuah kepentingan yang sama, kita bisa menjadi kawan, tapi pada lain kesempatan, karena kepentingan yang berbeda kita bisa menjadi lawan.

Disamping musuh yang nyata, yang dikategorikan juga sebagai musuh adalah MUSUH YANG TIDAK NYATA, atau sering disebut juga musuh dalam. Musuh yang tidak nyata ini adalah jenis musuh yang tidak bisa diinderai oleh panca indera kita karena mereka bersarang di dalam diri kita. Musuh jenis ini agak susah dikendalikan apalagi dimusnahkan mengingat mereka bersemayam dalam KEINGINAN. Keinginan yang dapat dicapai secara wajar tidak lagi membutuhkan AKAL dan PIKIR, sebab kedua hal tersebut dapat juga menyimpang dari batas ketentuan-ketentuan yang WAJAR. Akal dan pikir akan muncul ketika kita dihadapkan pada adanya persoalan yang menghalangi tercapainya keinginan.

Untuk bisa memahami musuh tidak nyata yang bersemayam dalam KEINGINAN, AKAL dan PIKIR kita, maka perlu kiranya kita memahami berbagai unsur yang tidak dapat dinderai di dalam diri setiap MANUSIA. Adapun unsur-unsur tersebut adalah BUDI, PEKERTI dan NAFSU.

v      BUDI, yaitu gerak dari setiap pemikiran manusia.

v      PEKERTI, yaitu yang mengatur gerak manusia.

v      NAFSU, yaitu sumber dari segala jenis keinginan atau akar dari pohon keinginan.

Manusia dalam keadaan positif yang ditunjukkan dengan perbuatan positif, bilamana manusia hanya digerakkan oleh BUDI dan PEKERTInya. Sebaliknya, manusia dalam keadaan negatiF apabila dia hanya digerakkan oleh NAFSUnya saja.

Unsur-unsur tersebut akan nampak secara jelas apabila dipersandingkan baik dengan HEWAN maupun dengan TUMBUHAN. Unsur-unsur yang terdapat dalam HEWAN :

v      BUDI, yaitu gerak naluriah hewani dan refleks yang berbeda pada setiap hewan

v      NAFSU, yaitu segala jenis keinginan hewani yang berbeda pada setiap hewan namun bersifat tetap atau monoton.

Sedangkan  TUMBUHAN, di dalam kehidupannya selalu mengikuti keadaan sekelilingnya dan tanah dimana di temapat ia tumbuh. Oleh karena itu, unsur pada tumbuhan hanya satu :

v      NAFSU, yaitu satu jenis keinginan saja untuk bergerak secara perlahan untuk pertumbuhannya tanpa dapat ditahan kecuali diarahkan.

Dari gambaran di atas terlihat jelas perbedaan unsur-unsur yang membentuk ketiga makhluk hidup tersebut. Kendati demikian, manusia sebagai makhluk pemakan semua atau omnivore, tidak menyadari adanya pengaruh yang masuk terbawa oleh hewan dan tumbuhan yang dimakannya. Sekalipun hewan dan tumbuhan yang dimakan tersebut sudah terlebih dahulu diproses masak sebelumnya, namun getaran-getaran unsur di dalamnya tetap ada. Hal ini akhirnya merubah komposisi unsur awal manusia menjadi :

v      Satu unsur PEKERTI.

v      Dua unsur BUDI.

v      Tiga unsur NAFSU.

Inilah yang menjadi penyebab dari adanya musuh yang tidak nyata dari dalam diri manusia. Agar manusia mampu menjaga dan memelihara eksistensi kemanusiaannya, maka ia harus mampu memenangkan satu unsur PEKERTI yang dimilikinya atas tiga unsur NAFSU dan dua unsur BUDI yang ada dalam dirinya. Manusia yang mampu mengalahkan MUSUH YANG TIDAK NYATA dalam dirinya adalah Manusia yang Paripurna.

Advertisements

2 thoughts on “Siapakah Musuh Kita Yang Sesungguhnya ?

  1. apa yang dimakan,bagaimana memakannya,sangat berpengaruh pada kehidupan,yang didasari pekerti,nafsu dan budi. semoga kita bisa mensleksi apa yang kita makan.
    ————–

    Yup…., setuju banget Broer…. Makasih atas komentarnya…. 😉

  2. huehehehe… daripada gerilya sama yang kelihatan model idola anak muda alias Che tapi pake kaos tampang idolanya sambil makan di MacDonald :shock:, jelas lebih puyeng gerilya tiap hari sama musuh yang tidak kelihatan ini. Yang mau gaya gerilya tapi ga pas malah kayak acara usir hantu di tipi, sibuk sendiri tapi apanya yang digebuk ga jelas… 😎
    ————–

    Wakakakakak… satyre bangeeeettttt… OK !!!!!!! 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close