Membaca Perilaku Politik Rakyat


Terlepas dari carut marutnya penyelenggaraan Pemilu legislatif yang baru lalu, cukup menarik rasanya untuk melihat bagaimana kecenderungan perilaku rakyat pemilih dalam menentukan pilihannya. Setidaknya dari sedikit fenomena yang terlihat bisa ditelusuri apa sesungguhnya yang dijadikan pertimbangan ketika rakyat pemilih menjatuhkan pilihannya.

Baca entri selengkapnya…

About these ads

38 Tanggapan to “Membaca Perilaku Politik Rakyat”

  1. LuXsmaN Says:

    Dulu baik-baikan, sekarang musuhan…….
    —————

    Ada kamsud apakah??? Bwahahahaha… :D

  2. galuharya Says:

    popularitas memang sangat menentukan

    saya kok berpikir langkah SBY dalam pilpres nanti ndak semulus apa yg di bayangkan

    akan banyak koalisi partai yang akan siap bertarung.

    bagus sebenernya jadi nantinya tidak ada mayoritas dan minoritas di pemerintahan,yang menang bisa memimpin yang kalah akan oposisi

    kita tunggu saja…
    ————–

    Pertarungan bahkan belum tentu berakhir sekalipun sudah ada yang terpilih sebagai Presiden… ;)

  3. sibaho Says:

    evolusi demokrasi memang lambat ya pak. tapi, emang selambat ini mestinya??

    Saya cukup nyengir saja melihat manuver-manuver belakangan ini. semoga saja mereka sedang tidak menjalankan konspirasi manajemen konflik kelas tinggi
    —————

    Justru ‘semoga’ yang dimaksudkan itu nampaknya yang sulit bisa diwujudkan mengingat mereka yang adalah aktor-aktor yang dimainkan dalam manajemen konflik yang terjadi.

  4. ami Says:

    popularitas .. duit .. bukan kinerjanya. baguuus
    —————

    Bwahahahahaha… Jadi inget jaman baheula…, pak Tino Sidin kalau ada yang ngirim gambar biar sejelek apapun pasti selalu dibilang baguuuusss… :D

  5. ajengkol Says:

    Saya seneng berpolitik dan juga aktif di Partai .. padahal saya ndak ngerti politik
    —————

    Hloooohhh kok bisa??? :O

  6. neng aia Says:

    masih tentang pemilu dan koalisi disana-sini? doh! capek ah..
    —————

    Ho-oh… capek deeech… (doh)

  7. gdenarayana Says:

    oalah, tik..tik politik bunyi hujan dikitik – kitik :lol:

    adohhh gerah liat situasi skg nie mas, ampe para pelaku ekonomi ikutan gerah karena index saham turun dollar naek :D
    —————

    Semua kena dampaknya… Dan nampaknya masih akan terus memburuk… ;)

  8. masnur Says:

    semoga saja Pilpress bisa damai karena kedamaian akan membawa ketentraman, dan apabila sebagai negarawan yang sejati haruslah menerima dengan legowo
    —————

    Semoga dengan ‘semoga’ aja sudah cukup…
    Iyaaaa…., apabila…..

    Tabik… :)

  9. xitalho Says:

    Gamblang… siapa jagonya.. tinggal tunggu saja pertarungannya…..mantab bos…
    —————

    Biasanya kalau ada pertarungan, ada yang taruhan… :D

  10. senoaji Says:

    yang berkuasa akan selalu mempertahankan itu, semoga jangan sampai sejarah kelam terulang lagi. kekuasan jadi alat penyelesaian berontak aspirasi rakyat.

    ngemut muntahan brotowali Bweh!

    ketoke aku wis komeng dehhh…
    ————–

    Bwahahahahaha… brotowali kok diemut… :D

  11. suryaden Says:

    terbaca dengan jelas, cuman di bawah resesi kok untuk beli suara enak saja ya… malah jor-joran
    —————

    Justru dengan adanya resesi di bawah, mereka bisa dengan enaknya beli suara…

  12. ciwir Says:

    semangat golfut tetap membara,
    saya tdk faham fulitik,
    karena saya bukan fulitikus, tapi fulikucing…
    —————

    fulitikus vs fulikucing = Tom vs Jerry… :D

  13. Abdul Syair Says:

    Selesai Pilpres baru akan diketahui, Parpol mana yang lebih tangguh
    —————

    Lebih baik rakyatnya yang tangguh… :)

  14. cikal Says:

    alngkah baiknya dari para dedengkot tidak saling bermusuhan negeri ini mungkin tentram, tapi emang namanya manusia setiap orang kan berbeda pemikirannya
    —————

    Pikiran boleh beda… hati harus tetap satu…, untuk Indonesia Raya…

  15. suklowor Says:

    Sepertinya emang kekuatan figur masih banyak berperan untuk kemenangan PD, lagi pula kalau kita runut janji2 partai, sejak jaman dulu sampai sekarang sama saja (baik sama konteks isi, maupun Realisasi yang hanya retorika belaka)…

    cuman menurut saya ini baik untuk ke depan… minimal sebagai pelajaran bagi tokoh2 politik besar yang suatu saat berkuasa, akan memperhatikan trax record untuk pemilihan periode berikutnya..

    menurut saya seperti itu sih mas…
    —————

    Setuju banget… Asal jangan terus2an belajar tapi gak pinter2… :)

    lama nggak berjumpa gimana kabarnya?

  16. mikekono Says:

    SBY memang sulit dibendung
    mungkin koalisi Golkar-PDIP-Gerindra-Hanura-dan seabrek parpol kecil akan bs memberikan perlawanan seru
    dengan catatan capresnya Prabowo atau Sultan
    alias jangan JK atau Mega :)
    ————–

    Yup… minimal ada perlawanan… biar seru ya Broo… Kita tonton aja permainannya… :)

  17. Ferdian Adi Says:

    kalau sampai hari ini sih tampaknya ada dua kubu yg tetap kuat ya Mas, tapi terserah mereka bagaimana saling berkompetisi. Selama yg menang nanti punya komitmen saja sama rakyatnya.
    —————

    Yang kita butuhkan memang adalah komitmen terhadap rakyat siapapun yang pemenangnya…

  18. faizz Says:

    politik semakin bergejolak, suka ketawa sendiri ngelihat tingkah polah elite2nya. besok saling hujat, saling tendang, saling sikut, saling menjatuhkan, satu detik kemudian bisa saling merangkul dengan berbagai expresi wajah yang sengaja dimanis2in. embohh, gak ikut2an. jadi penonton ajah
    —————

    Bwahahahahaha… Iyaaa…, ketawa soalnya lebih lucu dari Srimulat… :D

  19. buJaNG Says:

    Kalau saya sih ngikut aja, pokoknya gimana baiknya aja… wkwkwkwk…
    —————

    Jadi makmum yang baik aja susah yaaa… Apalagi jadi imam yang baik… :D

  20. endar Says:

    itu plurklitik memang susah untuk diprediksi.. (doh)
    ————–

    Bwahahahahahahaha… :D

  21. kopral cepot Says:

    ayo dukung calon tunggal di pilpres 2009 biar lebih seruuu lawannya kotak kosong
    —————

    Asyik tuch Kang kalau sampai kejadian… okeh banget daaahhh… Wakakakakakak… :D

  22. denyarelektrik Says:

    udah deh, dari pada pusing, pilih yang paling ganteng aja. eh, gak ada yang ganteng, ya?
    —————

    Makin pusing doooong… Abis gak ada yang ganteng sich… Wakakakak… :D

  23. ~noe~ Says:

    golputnya berapa persen ya? artinya masih banyak suara massa mengambang golput utk pilpres nanti.
    aku juga setuju tag PKS, siapapun presidennya, partainya pilih PKS. belum tentu orang yang mencontreng satu partai tertentu akan memilih capres dari partai itu juga.
    kaya’ aku, kemarin pilleg golput, nanti di pilpres kemungkinannya golput juga.
    loh ???
    —————

    Golput hampir 50%. Gak pa pa… Golput mungkin haram…, tapi gak dosa kok… :D

  24. bagusweda Says:

    ya pemilu ini membuat saya kecewa karena semua keluarga saya tidak dapat undangan. gemana nih mas mahendra?
    —————

    Bersyukurlah Mas Bagus… Banyak yang ingin seperti anda… GOLPUT tapi halal… :D

  25. suwung Says:

    wah kayak paranormal… bisa membaca masa depan
    —————

    Untung baru kayak.., belum jadi paranormal beneran… Tapi yang bener bukan paranormal…, tapi para-abnormal… Wakakakak… :D

  26. Cak Win Says:

    Kenapa ya kok kalah dan menang? seharusekan jadi kemenangan bersama :D
    —————

    Hlaaa itu apa Cak… Seharusnya menjadi kemenangan bangsa… bukan kemenangan indibidual… Suwun nggih Cak mpun mampir… :D

  27. Vicky Laurentina Says:

    Wah, payah. Kok mau menang aja mesti ngandalin popularitas? Ini kan kerja seluruh partai, bukan cuma kerja satu orang lho..
    —————

    Idealnya memang begitu… Tapi kenyataannya popularitas individu yang lebih dominan menentukan… :D

  28. sawali tuhusetya Says:

    kultur politik rakyat agaknya masih bercermin pada perilaku politik elite anutannya, terutama yang sedang berada dalam lingkaran kekuasaan. apalagi, mereka mampu menarik simpati rakyat lewat BLT atau penurunan BBM.
    ————–

    Setuju Bro.., rakyat kita memang mengalami krisis multi dimensional termasuk juga krisis keteladan… :)

  29. musa Says:

    Saya setuju dengan sawali tuhusetya, salam kenal…
    —————

    samaaa…, saya juga setuju dgn kang Sawali… salam kenal juga… :)

  30. Atho Budiono Says:

    Semoga calon presiden kita benar2 org yg punya itikad membangun dan memperbaiki bangsa juga membela rakyat.
    Bukan memperkaya diri dan membela kelompoknya.
    —————

    Yaaa…. Semoga dan semoga…

  31. alfi Says:

    jalan-jalan di siang hari singgah sebentar mengambil napas sejenak..
    salam kenal
    ————–

    Salam kenal juga… Dengan senang hati menyambut tamu… :)

  32. Pemilu 2009, Terbukanya Kotak Pandora « itempoeti Says:

    [...] Setelah salah satu sisi kotak Pandora terbuka melalui Pemilihan Legislatif pada 9 April 2009 baru lalu. Maka satu sisi lagi kotak Pandora akan segera terbuka pada 8 Juli 2009 nanti melalui Pemilihan Presiden. [...]

  33. Public Blog Kompasiana» Blog Archive » Pemilu 2009, Terbukanya Kotak Pandora Says:

    [...] Setelah salah satu sisi kotak Pandora terbuka melalui Pemilihan Legislatif pada 9 April 2009 baru lalu. Maka satu sisi lagi kotak Pandora akan segera terbuka pada 8 Juli 2009 nanti melalui Pemilihan Presiden. [...]

  34. Analisis Dibalik Teror Bom di JW Marriot dan Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta « itempoeti Says:

    [...] pilpres 2009 yang baru saja dilaksanakan 8 Juli 2009. Hasil quick count memperlihatkan pasangan SBY-Boediono unggul telak dari kedua pasangan capres lainnya. Analisis sementara memunculkan dugaan bahwa [...]

  35. Teror Peledakan Bom di JW Marriot dan Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta; Sebuah Analisa « mahaindra Says:

    [...] pilpres 2009 yang baru saja dilaksanakan 8 Juli 2009. Hasil quick count memperlihatkan pasangan SBY-Boediono unggul telak dari kedua pasangan capres [...]

  36. Teror Peledakan Bom di JW Marriot dan Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta; Sebuah Analisa | itempoeti Says:

    [...] pilpres 2009 yang baru saja dilaksanakan 8 Juli 2009. Hasil quick count memperlihatkan pasangan SBY-Boediono unggul telak dari kedua pasangan capres [...]

  37. Mengembalikan Jati Diri Bangsa dan Revitalisasi Nilai-nilai Budaya Bangsa | Nuswantara Says:

    [...] pilpres 2009 yang baru saja dilaksanakan 8 Juli 2009. Hasil quick count memperlihatkan pasangan SBY-Boediono unggul telak dari kedua pasangan capres lainnya. Analisis sementara memunculkan dugaan bahwa [...]

  38. Bethany Says:

    I was curious if you ever thought of changing the structure of your website?
    Its very well written; I love what youve got to say. But
    maybe you could a little more in the way of content so people could connect with it
    better. Youve got an awful lot of text for only having 1 or two images.
    Maybe you could space it out better? raspberry ketone side effects – buy raspberry ketone – raspberry ketones


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.449 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: